25 Agustus 2021

Online Scholarship Competition: Beasiswa Kuliah S1 dan S2 dari Medcom


Apa itu OSC?
Online Scholarship Competition atau yang biasa disingkat menjadi OSC, adalah program beasiswa bagi putra putri Indonesia yang diprakarsai oleh Media Grup sejak tahun 2015. Sesuai namanya, OSC adalah sebuah kompetitisi yang memberikan hadiah berupa beasiswa kepada para pemenangnya. Mereka berkesempatan untuk melanjutkan studinya di beberapa perguruan tinggi yang menjadi mitra OSC.
Ketika pertama kali diadakan di tahun 2015, perguruan tinggi mitra OSC hanya terdiri dari 5 PTS yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang dan hanya untuk jenjang S1 saja. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perguruan tinggi yang bergabung dengan OSC, di tahun 2021 ini ada 25 PTS mitra yang tersebar di kota-kota besar di tanah air, dan 10 PTS untuk jenjang S2.


Hadiah bagi Pemenang
Ratusan kursi di perguruan tinggi mitra tersedia bagi para pemenang. Masing-masing berupa pembebasan uang pangkal 100%, biaya kuliah hingga lulus (sesuai ketentuan masing-masing perguruan tinggi), tunjangan biaya hidup untuk penerima dengan kriteria tertentu, serta sertifikat OSC.
Simak juga:
Persyaratan Umum
Untuk jenjang S1, setiap siswa kelas 12 SMS/SMK/MA/sederajat serta lulusan tahun sebelumnya boleh mengikuti OSC. Syarat lainnya adalah yang bersangkutan belum pernah kuliah.
Untuk jenjang S2, perserta adalah lulusan baru (fresh graduate) sarjana dengan usia maksimal 25 tahun. Khusus untuk guru/pengajar (bidang akademik) usia maksimal 35 tahun.


Proses Pendaftaran Dan Seleksi
Pendaftaran OSC untuk S1 sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis, sedangkan untuk S2 dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 189.000,00. Prosedur pendaftaran dan ketentuannya akan diunggah di artikel tersendiri pada saat pendaftaran sudah dibuka.
Para pendaftar bisa mengikuti uji coba (try out) yang diadakan selama 3 kali untuk lebih mengenal tata cara kompetisi serta jenis-jenis soal yang akan mereka hadapi di tes online nantinya.
Apabila dinyatakan lolos tes online maka peserta harus mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk dilakukan seleksi berkas oleh masing-masing perguruan tinggi yang dituju.
Peserta yang lolos seleksi berkan akan mengikuti tes final yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi untuk menentukan para pemenang yang berhak memperoleh hadiah beasiswa.
Klik di sini untuk mendaftar OSC 2022
Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

Inpex Scholarship: Beasiswa Penuh S2 di Jepang

Salah satu negara favorit tujuan belajar bagi penduduk Indonesia adalah  Jepang  karena, selain banyak universitas di sana yang menaw...

ARSIP ARTIKEL