24 April 2020

Tips Mendapatkan Surat Rekomendasi untuk Mendaftar Beasiswa


Surat rekomendasi juga dikenal dengan istilah letter of recomendation dan letter of refference adalah sebuah surat yang berisi tentang pendapat atau kesaksian orang lain tentang diri kalian meliputi kemampuan, kelebihan, prestasi akademik, pengalaman, dan lain-lain. Surat rekomendasi adalah salah satu persyaratan yang diminta ketika kalian hendak mendaftar beasiswa atau kuliah. Meminta surat rekomendasi memang proses yang gampang-gampang susah. Tapi kalau caranya sudah salah, dijamin  berburu rekomendasi juga nggak akan mudah. Bisa-bisa orang yang kalian mintain rekomendasi malah jengkel dan terganggu. Nah kalau udah begini kan malah ribet, padahal kan surat sakti itu diperlukan banget!



Yang sering menjadi pertanyaan adalah darimana bisa mendapatkan format surat rekomendasi. Ada dua cara untuk mendapatkan format surat rekomendasi. Pertama, pemberi beasiswa atau kampus menyediakan format surat rekomendasi. Jadi, pemberi rekomendasi cukup menjawab poin-poin apa saja yang ingin diketahui. Bentuk pertama ini memungkinkan pemberi beasiswa dan kampus mendapatkan poin apa saja yang mereka butuhkan dan tidak mendapatkan apa yang mereka tidak butuhkan. Jika kalian tidak menggunakan format yang disediakan, kalian dipastikan tidak diterima.

Di sisi lain, ada juga pihak pemberi beasiswa atau kampus yang tidak menyediakan format rekomendasi. Secara sederhana, apa saja isinya dipasrahkan sepenuhnya kepada pemberi rekomendasi. Disinilah pentingnya kalian memilih dan meminta surat rekomendasi kepada orang yang benar-benar mengenal diri kalian. Dengan begitu, dia akan mempu menuliskan dalam surat rekomendasi tersebut apa saja kelebihan-kelebihan kalian yang dapat menjadi pertimbangan bagi pemberi beasiswa atau universitas untuk memutuskan apakah kalian pantas mendapatkan beasiswa atau diterima di sebuah kampus.


Kalau kalian ingin tahu lebih banyak tentang tips dan trik mendapatkan surat rekomendasi yang ampuh, boleh banget ikut kelas Surat Rekomendasi dari Palbis Amatory ini. Karena di kelas tersebut kalian juga akan dapat materi sharing langsung dari pemateri bagaimana caranya beliau bisa dapat surat rekomendasi yang powerful dan berhasil lolos seleksi beasiswa yang sangat ketat dan sangat prestisius. Menarik sekali bukan?
Simak juga
Kontributor: Ari Akbar Devananta
Content Writer Palbis Amatory

Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

DAAD - EPOS: Beasiswa Penuh S2 di Jerman

Menuntut ilmu di Jerman menjadi impian banyak orang. Tidak mengherankan karena mutu  pendidikan di negara ini memang bagus. Bagi teman-tema...

ARSIP ARTIKEL