22 April 2020

Pentingnya Proposal Riset Untuk Daftar Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri


Banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin mendaftar beasiswa, salah satunya adalah persyaratan administrasi atau kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi. Salah satu kelengkapan dokumen yang tidak banyak teman-teman persiapkan secara maksimal adalah proposal riset. Padahal, faktanya proposal dalam sebuah penelitian merupakan unsur yang sangat penting bagi yang mau lanjut ke jenjang S2 atau S3 dengan penelitian (master by research).


Master by research merupakan sebuah program S2 dengan proporsi dominan untuk penelitian guna pembuatan tesis. Program ini biasanya berlangsung selama 2 tahun. Mata kuliah hanya sedikit (kalaupun ada),  paling banyak 3 mata kuliah saja selama 2 tahun itu. Biasanya mahasiswa akan menghabiskan semester pertama untuk kuliah dan 3 semester berikutnya full riset dan menulis tesis.

Selain itu, apabila teman-teman hendak lanjut studi S3 maka kalian harus memenuhi 2 indikator bobot studi S3 yang harus tertuang dalam proposal, yakni novelty dan achievable. Di sini, novelty berarti aspek kebaruan, bagi yang studi S3 diwajibkan memberikan kontribusi yang orisinil kepada sains. Sementara itu, achievable bermakna bahwa studi tersebut harus realistis dan dapat dirampungkan dalam kurun waktu tertentu (lazimnya 3-4 tahun), dengan mempertimbangkan berbagai faktor (misalnya anggaran dana, fasilitas laboratorium, dan berbagai aspek serta perhitungan lainnya).
Baca juga
Setelah membaca sampai sini, kalian pun mulai sedikit paham tentang apa itu proposal riset dan 2 aspek indicator yang harus dipenuhi dalam membuat proposal riset. Kalau kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang proposal riset untuk daftar beasiswa, kalian boleh juga ikut kelas proposal riset yang sedang diadakan oleh Palbis Amatory. Inysa Allah kalian akan lebih paham lagi bagaimana caranya membuat proposal riset yang baik dan berpeluang besar diterima.


Akhirnya, karena proposal riset adalah salah satu kelengkapan dokumen untuk mendaftar beasiswa maka kalian juga harus mempersiapkannya dengan sebaik dan semaksimal mungkin. kalian juga bisa berkonsultasi tentang proposal risetmu dengan dosen pembimbing atau alumni kampus kalian yang pernah studi lanjut ke luar negeri dengan beasiswa sehingga akan membuat kualitas proposal risetmu menjadi lebih baik dan kalianpun akan jadi merasa lebih percaya diri untuk mulai mendaftar beasiswa impianmu. Semoga sukses ya!

Kontributor: Ari Akbar Devananta
Content Writer Palbis Amatory

Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Unggulan

Asean Scholarships: Beasiswa Penuh Setingkat SMA di Singapore

Melanjutkan studi di luar negeri merupakan impian banyak orang, tak terkecuali bagi adik-adik yang baru lulus SMP/sederajat. Jangan cum...

ARSIP ARTIKEL