28 April 2020

Membuat Curriculum Vitae untuk Mendaftar Beasiswa


Setiap program beasiswa tentunya memiliki kriteria serta syarat pendaftaran masing-masing, namun ada satu dokumen penting yang hampir selalu diminta di setiap program beasiswa, yakni Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal dengan CV.


CV adalah salah satu persyaratan yang penting ketika kita mengajukan aplikasi, mulai dari aplikasi kerja, aplikasi magang, hingga aplikasi untuk mendapatkan beasiswa. Menulis CV dengan baik dan benar akan membuat aplikasi kita lebih dipertimbangkan oleh pihak penyeleksi. Oleh karena itu, penting untuk tahu bagaimana cara membuat CV yang baik.

Perlu diketahui bahwa CV bukan sekedar data-data diri semata, tapi harus disajikan sedemikian rupa agar membuat yang membaca lebih perhatian dan paham perihal diri kita. CV yang baik akan membuat permohonan beasiswa kita lebih besar peluangnya untuk dikabulkan.

Berikut beberapa hal yang perlu disajikan dengan baik dalam CV:
  • Data pribadi serta latar belakang pendidikan
  • Karya ilmiah yang pernah dipublikasikan
  • Prestasi yang menunjang
  • Pengalaman yang dimiliki
  • Kompetensi lain yang relevan
Baca juga:

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu CV harus memiliki relevansi yang kuat dengan bidang studi beasiswa yang kita lamar. Semenarik apapun latar belakang kita, tidak akan bernilai jika tidak berhubungan dengan ketentuan program beasiswanya.


Kalau kalian ingin tahu lebih banyak tentang tips dan trik membuat CV yang powerful, kalian bisa ikut kelas CV untuk Beasiswa dari Palbis Amatory. di kelas tersebut kalian juga akan dapat materi sharing langsung dari pemateri bagaimana caranya bikin CV yang menarik minat tim penyeleksi beasiswa dan memperbesar peluangmu lolos seleksi beasiswa.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan membantu kalian dalam melamar beasiswa.

Kontributor: Ari Akbar Devananta
Content Writer Palbis Amatory
Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

Australia Awards Scholarships: Beasiswa Penuh S2 & S3 di Australia

Australia Awards Scholarships (AAS) , yang merupakan program beasiswa dari Pemerintah Australia ini, cukup banyak diminati oleh pendud...

ARSIP ARTIKEL