27 April 2024

Beasiswa Penuh Pendidikan Kejuruan (Senshu Gakko) di Jepang


Tawaran program beasiswa yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan, utamanya bagi teman-teman lulusan SMA/SMK yang berminat menekuni bidang keahlian khusus tertentu. Di Jepang terdapat program yang disebut Senshu Gakko atau yang biasa disingkat Senshu saja. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/ MEXT) menawarkan beasiswa penuh bagi penduduk Indonesia untuk mengikuti program ini.


Program Senshu cukup unik, berdurasi selama dua tahun (tiga tahun termasuk pelatihan bahasa Jepang selama setahun), para peserta didiknya akan diberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Bidang-bidang yang ditawarkan merupakan bidang yang menunjang industri yang berpotensi berkembang pesat di pasar dunia. Lulusan Senshu juga dapat melanjutkan ke jenjang S1 sebagai mahasiswa tahun ketiga.

Bidang-bidang studi yang bisa dipilih antara lain: Teknologi, Perawatan Pribadi dan Gizi, Pendidikan dan Kesejahteraan, Bisnis, Fashion, Budaya dan Pendidikan Umum, bahkan ada animasi, manga, film, musik dll. Untuk bidang dan program studi lengkapnya silakan unduh di sini.


Fasilitas Beasiswa:
  • Biaya kuliah
  • Biaya pelatihan bahasa Jepang
  • Tunjangan biaya hidup bulanan
  • Tiket penerbangan
  • Biaya visa pelajar

Persyaratan Umum:
  • Lulusan SMA/SMK/sederajat
  • Usia maksimal 24 tahun per 1 April 2025
  • Memiliki prestasi akademik yang bagus


Prosedur Pendaftaran:
Sebelum mendaftar, pastikan kalian sudah membaca Tanya Jawab (unduh di sini) agar lebih memahami program ini. Pendaftaran dimulai dengan melakukan registrrasi di Laman Registrasi (klik di sini), kemudian pilih program Senshu lalu isikan semua data dengan benar. Nanti akan dikirim Nomor Ujian melalui email, catat nomor ujian tersebut untuk proses selanjutnya. Lengkapi semua syarat yang diwajibkan dan berkas pendaftaran tersebut dikirimkan via pos atau kurir (tidak bisa melalui ojek online) ke:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350
Tuliskan "SENSHU 2025 [Nomor Ujian]" pada bagian kanan atas amplop.
Apabila ada pertanyaan lain, silakan menghubungi telepon (021) 3192-4308.
Informasi detail dan persyaratan lengkapnya bisa dibaca di website resmi Kedutaan Besar Jepang.

Batas Akhir Penerimaan Berkas: 8 Mei 2024

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Selamat mendaftar, semoga berhasil.
Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

DAAD - EPOS: Beasiswa Penuh S2 di Jerman

Menuntut ilmu di Jerman menjadi impian banyak orang. Tidak mengherankan karena mutu  pendidikan di negara ini memang bagus. Bagi teman-tema...

ARSIP ARTIKEL