18 Juli 2019

ASEAN Data Science Explorers 2019: Kompetisi Data Analytics bagi Mahasiswa


Asia Tenggara, dengan total penduduk lebih dari 600 juta jiwa, merupakan salah satu kawasan yang paling pesat perkembangannya di seluruh dunia. Sekalipun demikian, negara-negara ASEAN masih menghadapi berbagai tantangan sosial, kesehatan, serta leingkungan hidup yang menghambat perkembangannya. Untuk itulah ASEAN Foundation dengan dukungan SAP Analytics Cloud (SAC) mengundang generasi muda ASEAN untuk ikut serta membantu perkembangan ASEAN dengan mendayagunakan data untuk memetakan masalah-masalah utama di kawasan ini.



Kompetisi yang diberi nama ASEAN Data Science Explorers ini mengajak para peserta menggunakan data analytics untuk membuat usulan-usulan solusi dari masalah-masalah di atas yang dapat memberikan dampak nyata di masyarakat. Kompetisi terdiri dari dua tingkat, yaitu tingkat nasional masing-masing negara ASEAN dan dipungkasi dengan kompetisi tingkat ASEAN yang akan dihelat di Thailand bulan Oktober 2019 mendatang.

Bagi tim terbaik tingkat nasional, disediakan hadiah total semilai USD 1.400 (hampir Rp 20 juta dengan nilai tukar pada saat artikel ini disusun). Tim terbaik dari setiap negara akan diundang dan dibiayai secara penuh untuk mengikuti kompetisi tingkat  ASEAN di Thailand dan berpeluang memperebutkan hadiah total senilai USD USD 3.000 (sekitar Rp 42 juta).

Persyaratan Umum:
  • Peserta adalah mahasiswa aktif jenjang Diploma/S1 di negara ASEAN
  • Usia minimal 16 tahun
  • Peserta merupakan tim terdiri dari 2 orang berasal dari perguruan tinggi yang sama
  • Setiap tim hanya boleh mengirimkan satu storyboard
  • Tidak ada batasan jumlah tim yang berasal dari satu perguruan tinggi
  • Bersedia mengikuti kompetisi tingkat ASEAN di Thailand pada bulan Oktober 2019

Prosedur Pendaftaran:
Sebelum mendaftar, setiap peserta wajib memahami langkah-langkah untuk mengikuti kompetisi ini di sini. Sedangkan panduan storyboard dapat dibaca di sini. Baca juga Laman Tanya Jawab untuk menghindari kekeliruan. Registrasi tim peserta dilakukan secara online melalui Laman Registrasi
Informasi lengkap meengenai kompetisi ini dapat dilihat di situs resmi ASEAN Data Science Explorers.

Batas Akhir Pengiriman Storyboard: 9 Agustus 2019



Baca juga Persiapan & Syarat Memperoleh Beasiswa
Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Selamat berkompetisi, semoga berhasil.

Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

DAAD - EPOS: Beasiswa Penuh S2 di Jerman

Menuntut ilmu di Jerman menjadi impian banyak orang. Tidak mengherankan karena mutu  pendidikan di negara ini memang bagus. Bagi teman-tema...

ARSIP ARTIKEL