15 Juni 2019

Indonesian Youth Marine Debris Summit 2019


Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kedua di dunia, setelah China, yang terbanyak membuang sampah plastik ke laut. Terlepas dari benar tidaknya penelitian tersebut, pada kenyataannya sampah laut, termasuk sampah plastik, sangat mengancam kelestarian ekosistem laut kita. Sudah saatnya kita berbuat sesuatu untuk mengatasinya masalah sampah laut ini. Salah satunya dengan mengikuti Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2019 yang akan diselenggarakan di Jakarta bulan Agustus 2019 mendatang.


IYMDS adalah sebuah kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Divers Clean Action (DCA), sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat dan komunitas orang muda yang fokus pada masalah sampah laut. Kegiatan ini mempertemukan generasi muda dari seluruh pelosok tanah air yang peduli dan memiliki memiliki ide serta gagasan kreatif, untuk berkolaborasi menyelesaikan permasalahan sampah laut. Agenda terdiri dari berbagai workshop oleh para ahli yang berpengalaman, field trip yang akan memberikan pemahaman dan pengalaman di lapangan bagi peserta, serta rencana kegiatan yang merupakan solusi nyata peserta dalam merespon isu sampah laut.

Kelompok dengan action plan terbaik mempunyai kesempatan untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam Our Ocean Conference – sebuah konferensi bergengsi tingkat internasional yang mempunyai fokus pada marine protected areas, climate change, sustainable fisheries, marine pollution, sustainable blue economy, dan maritime security di Norwegia, Oktober 2019.

Biaya mengikuti IYMDS 2019 ditanggung oleh penyelenggara meliputi biaya transportasi dari tempat asal ke Jakarta pergi pulang, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu para peserta juga akan memperoleh pendanaan untuk melaksanakan rencana kegiatan yang telah mereka susun selama IYMDS 2019.

Persyaratan Umum:
  • Pemuda/i Indonesia yang berusia 18-25 tahun per tanggal 1 September 2019
  • Berdomisili di Indonesia
  • Siap melaksanakan aksi nyata dan membuat perubahan bagi masyarakat

Prosedur Pendaftaran:
Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi lengkap Formulir Pendaftaran serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Apabila ada yang perlu ditanyakan mengenai program ini, silakan hubungi email: info.iymds@diverscleanaction.org.
Informasi lengkap mengenai IYMDS 2019 bisa dibaca di situs resmi DCA.

Batas Akhir Pendaftaran: 30 Juni 2019

Ikuti juga ASEAN Youth Social Journalism Contest 2019
Ayo, saatnya kita beraksi nyata untuk mengatasi masalah sampah laut. Selamat mendaftar. semoga berhasil.
Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

DAAD - EPOS: Beasiswa Penuh S2 di Jerman

Menuntut ilmu di Jerman menjadi impian banyak orang. Tidak mengherankan karena mutu  pendidikan di negara ini memang bagus. Bagi teman-tema...

ARSIP ARTIKEL