11 Mei 2019

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi


Kita semua tahu bahwa di negara kita yang tercinta ini masih terdapat ketimpangan akses terhadap pendidikan tinggi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Warga di beberapa daerah sangat sulit mengakses pendidikan tinggi karena berbagai kendala. Pemerintah bukan tidak menyadari hal ini, untuk itulah diselenggarakan Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Beasiswa ADik.

Beasiswa ADik ini dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dengan sasaran para lulusan SMA sederajat yang berasal dari Papua, Papua Barat, daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), serta anak para TKI di perbatasan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di luar domisili atau provinsi asal.

Fasilitas Beasiswa:
  • Biaya pendidikan
  • Biaya hidup
  • Pembimbingan belajar secara khusus

Persyaratan Umum:
  • Berasal dari daerah Papua dan Papua Barat, daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T), serta anak TKI dari wilayah perbatasan
  • Siswa yang telah lulus pada tahun 2018 dan siswa yang akan lulus pada tahun 2019
  • Memilih Perguruan Tinggi di luar provinsi asal atau domisili

Prosedur Pendaftaran:
Pendaftaran dilakukan secara online melalui Laman Pendaftaran. Ada dua jalur, yaitu Jalur Tes ADik bagi mereka yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah, Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur, para peserta PMDK-PN dan UMPN (politenik). Peserta yang telah lulus SNMPTN dan yang mendaftar SBMPTN secara mandiri, memakai Jalur Non-Tes ADik.
Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Guruh Pratama Kurniawan (HP: 081283355411) atau Andi Ilham Makhmud (HP: 081337251968) atau bisa juga melalui email ke kk.ditmawa@ristekdikti.go.id.

Penutupan Pendaftaran: 30 Mei 2019
Pahami Berbagai Jenis Beasiswa
Informasi lengkap Beasiswa ADik bisa dibaca di situs resmi Ristekdikti.

Ayo teman-teman dari daerah sasaran beasiswa ini segera mendaftar dan semoga berhasil.
Bagikan melalui:
@ BeasiswaKita 2019. Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Direkomendasikan

DAAD - EPOS: Beasiswa Penuh S2 di Jerman

Menuntut ilmu di Jerman menjadi impian banyak orang. Tidak mengherankan karena mutu  pendidikan di negara ini memang bagus. Bagi teman-tema...

ARSIP ARTIKEL